Kosep Dasar Belajar dan Pembelajaran

Apa itu konsep? apa itu belajar? dan apa itu pembelajaran? di dalam artikel saya ini akan dibahas secara ringkas mengenai pengertian itu semua.
Untuk pertama yang akan dibahas adalah pengertian konsep terlebih dahulu. Setelah beberapa kali mencari bahan untuk mengartikan tentang pengertian konsep, akhirnya dapat disimpulkan bahwa konsep itu:
1. Konsep dapat didefinisikan sebagai suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna,
2. Konsep merupakan suatu pengertian tentang suatu objek,
Dari wikipedia bahasa Indonesia dijelaskan bahwa konsep merupakan abstrak, entitas mental yang universal yang menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan.
Untuk yang selanjutnya akan dibahas mengenai pengertian belajar :
1. Behaviorisme, belajar adalah sebuah perubahan perilaku yang dapat diamati (observable) dan dapat diukur
2. Kognitivisme, dalam belajar proses berfikir bergantung pada suatu kemampuan untuk mencipta, memperoleh dan mengubah gambaran internal tentang segala sesuatu yang dialami di
lingkungan. Dalam hal ini anak menjadi problem solver dan pemroses informasi.
3. Konstruktivisme, anak adalah pembangun aktif pengetahuannya sendiri. Pendekatan ini menekankan keterlibatan anak dalam proses belajar. Proses belajar harus menyenangkan dan mendukung anak untuk belajar.
4. Progresivisme, belajar adalah perubahan dalam pola berpikir melalui pengalaman memecahkan masalah. Ketika anak memecahkan masalah yang dihadapinya, ketika itu pula terjadi perubahan pola berpikir mereka.
Dan yang terakhir adalah pemaknaan mengenai pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan , guru mengajar supaya peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seseorang peserta didik.
source : http://edukasi.kompasiana.com/2011/09/29/konsep-dasar-belajar-dan-pembelajaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar