membuat gantungan kunci dari resin




pernah liat gantungan kunci yang terbuat dari fiber kan, udah tau cara buatnya?, kali ini saya akan berbagi cara membuatnya cekidot...


BAHAN




1. Resine bening

2. Resine warna

3. Catalis oil




ALAT-ALAT

1. Cetakan

2. Tempat adukan

3. Kapas

4. Hiasan (Foto, manik-manik, batu-batuan, dll.)

5. Minyak goring

6. Lidi

7. Sedotan


Bahan-bahan yang bisa dibuat adalah sebagai berikut

1. Gantungan kunci

2. Bros / pin

3. Hiasan dinding

4. Hiasan pintu kulkas

5. Patung

6. dsb.




CARA PEMBUATAN :

1. Siapkann hiasan yang akan dimasukkan ke dalam cetakan

2. Cetakan terlebih dahulu diolesi oleh minyak goring lalu dibersihkan dengan kapas (bila menggunakan cetakan jadi)

3. Campurkan resin bening dan catalis oil, aduk, lalu masukkan kedalam cetakan.

4. masukkan hiasan yang kita inginkan.

5.Campurkan resin warna dengan catalis oil lalu masukkan kedalam cetakanyang sudah berisi resin bening dengan hiasannya yang sudah mulaimengental.

6. Setelah mengering lepaskan resin tersebut dan resinpun telah selesai.




berikut contoh gantungan kunci yang saya buat dari resin, langkah pembuatannya sama hanya saja ditambah glitter





79 komentar:

  1. tolong disertai dg gambar cara pembuatan dari langkah 1 sampai langkah 6, biar lebih jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih dah mampir, nanti saya benahi yah :)

      Hapus
    2. mass yudi, kalau mau pesan cetakannya bisa ngk mas, minta d hbgng ke 085264215699, mks ms

      Hapus
    3. bisa langsung di cek ke toko Agung gan...

      Hapus
  2. maaf suhu mau nanya klo resin bening bisa diwarnai ga? pake apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake pewarna makanan bisa dan lebih bagusnya sih pake glitter ":)

      Hapus
  3. ente emang karyawan kisanak ane tau dari karya sampul ente untuk regional bali di group yang ane bikin ki..... salud dah ngiri ane gk bisa berseni.... hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane juga newbie ki, tahap belajar dan coba-coba ")

      Hapus
  4. Itu lidi sama sedotan buat ngelubangin yaa?
    Trus carannya gimana?

    BalasHapus
  5. setelah campuran resin dituang ke cetakan, selanjutnya tentukan tempat untuk lubang nantinya, kemudian selanjutnya tancapkan lidi ata sedotan dan jaga agar posisinya tidak bergeser sampai resin mengering, setelah kering barulah sedotan dilepaskan,

    terimakasih dah mampir,

    BalasHapus
  6. mau tanya, beli resin dimana? di toko bahan kimia kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya belinya di toko bahan kimia mbak, kalo disini harganya 35000/kilo udah barengan ama katalisnya.,,,,

      Hapus
    2. Saya kan udah coba, resin+katalis saya campur di wadah plastik, kemudian saya tuang sedikit ke cetakan. Setelah mengental saya taruh hiasan. Nah ketika mau menuang sisa campuran resin tadi, ternyata campuran itu sudah mengeras 😣
      Bagaimana caranya campuran yang di wadah itu agar tidak mudah mengeras?
      Apa jenis wadah nya berpengaruh?
      Disitu murah ya, di semarang 29000/setengah kilo

      Hapus
    3. sisa campuran biar gak mengeras caranya,ditutup agar tak kena udara luar mas :)

      Hapus
  7. Itu 35000 resin bening atau resin burem mas?
    Koq murah bgt yaa?
    Saya kemaren baru beli online harganya 65k. Hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar mbak kalo harganya segitu, kan bareng ongkir :)

      Hapus
  8. Mhon info mas, kalo di toko bahan kimia, resin bening dan katalis itu mereknya apa? Apa banyak jenis2nya? Kalo mau buat kreasi kayak mas, pake resin dan katalis jenis apa? Trimakasi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu tentang merek mas, kalo jenisnya bilang aja resin bening, biasanya udah sepaket ama katalisnya,
      kalo yang gantungan kunci diatas pake resin bening, terimakasih

      Hapus
  9. gan, markas agan ini di mana, barang kali saya bisa ke sana ya... untuk berguru masalah resin ini... jabodetabek kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane Makassar gan, ane juga masih dalam tahap belajar gan :)

      Hapus
  10. Saya hari ini beli resin di toko kimia langsung koq harga ny 60rb ia...dimana ia yg bisa lebih murah???tolong info ny ia gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak di daerah mana? menurut pribadi sih, jatuhnya bakal sama kalo misalnya mbak minta tolong buat dibeliin disini (Makassar) kan kena mahal di ongkir :)

      Hapus
  11. Harga emang segitu sih...ada yg 55 jg ada..ane bekasi nih kl beli dmn y gan info ny donk...kl ane baru mau bljar...sblm ny ane buat variasi dari flanel.m.info gan tmpat bli ny dmn yg daerah bekasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kesini gan
      Ciketing Asem Jaya RT03/05 no 28 Mustikajaya Bekasi

      Hapus
  12. ane dah nyoba dan berhasil.tp kog hasilnya keruh..gmn biar hasilnya bening seperti kaca gan??thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. keruh itu diakibatkan oleh kebanyakan katalis dan di lain sisi katalisnya tidak diaduk alias tidak tercampur secara merata,
      semoga terjawab gan permasalahannya

      Hapus
    2. sangat bermanfaat.....biar kata baru belajar tpi ilmunya sangat berguna

      Hapus
    3. makasih udah mampir gan :)

      Hapus
  13. ane mau nyoba gan.....cetakannya dapat dimana..apakah dari toko pedagang kimia ato dimana gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko kue gan atau di toko yang jual cokelat,

      Hapus
  14. gan...saya ada ide...klo daerah saya di medan pelosok..heheheh....klo lagi ada pesta perkawinan sering pakai cindra mata klo para undangan pulang dari kondangan....jadi...saya punya ide buat fhoto sang pengantin untuk cindera matanya, di jadikan gantungan kunci...kira2...gimana gan cara ngebuatnya....karena ane hobi nyetak fhoto

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide bagus gan, bisa nambah uang saku tuh :) ,
      cukup mudah gan, lakukan aja langkah-langkah pada postingan, kemudian sebelum resin yang udah dicampur katalis mengering, masukkan foto dengan cara menenggelamkannya dalam cairan yang telah dituang dalam cetakan....

      Hapus
  15. tolong info nya gan,, beli bahannya disekitaran mana??
    ane org mkssr jg, pengen buat cinderamata kondangan nnti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak tempat beli, rekomendasi dari ane, silahkan ke New Accord jalan Tentara Pelajar...

      Hapus
  16. Kalo tempat beli lainnya ada gak? Krn kayaknya kurang kalo daerah makassar jual resin

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak, ada beberapa tempat, termasuk yg sudah saya sebutkan di komentar sebelumnya mbak:)

      Hapus
  17. Misi mas kalo beli cetakan resin yg sperti di foto itu dimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di toko yg jualan bahan dan cetakan kue atau cokelat gan :)

      Hapus
    2. Mau nanya gan untuk perbandingan resain dan katalis berapa gan

      Hapus
  18. perbandingannya, untuk 200ml resin cukup 5 - 8 tetes katalis gan

    BalasHapus
  19. Cetakannya baiknya dari bahan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan yang bagus dari silikon gan, plastik juga gak apapa...
      tapi sebelum pake cetakan, olesi dulu pake minyak...

      Hapus
  20. Balasan
    1. alamat mana gan? biasanya ada di toko kimia...

      Hapus
  21. SAYA UDAH COBA PAKE RESIN BENING DAN KATALIS... NAMUN HASILNYA TIDAK SEPERTI KACA.. MALAH BURAM ... DAN LAMA KERINGNYA GAN ... KIRA-KIRA.. SALAH DI perbandingan resain dan katalis ATAU PENGARUH DI ALAT CETAKNYA ?? MOHON BISA BANTU DI JAWAB DI EMAIL SAYA: ataplangit2012@yahoo.com ....terima kasih atau ke facebook: smknurilahi2016@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo lama keringnya berarti katalisnya kurang gan, kalo buram berarti katalisnya tidak tercampur merata dengan resinnya...

      Hapus
  22. Gan, saya mau beli resin dimna tempat jualnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan di daerah mana?? cari di toko bahan kimia gan biasanya ada yang jual...

      Hapus
  23. Gan kalo untuk bikin gantungan kunci custom sesuai bentuk yg di inginkan bikin cetakannya gmna ya? Mohon d bls ke email sya gan arifnopandra@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sering bikin cetakan custom dari kaleng C*caCola yang sebelumnya digunting menyerupai lembaran kemudian dibentuk sesuai keinginan...

      Hapus
  24. Gan klau makassar, jual bahan2 resin dmn??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di jl.tentara pelajar gan toko New Accord namanya... di jl. g.bawakaraeng juga ada...

      Hapus
    2. Jl. G. Bawakaraeng sebelah mana ya om?
      Di new accord cuma ada resin coklat aja

      Hapus
  25. Mas. Ada yang jual resing..?? Bisa minta pin bbmNya atau nomor telfonNya..??

    BalasHapus
  26. Accpt ya gan dari Neka, mau nanya2 hehe

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. ditoko kimia gan, ada 2 bahan dalam 1 paket Resin dan Katalisnya...
      makasih kunjungannya :)

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Mas..mau tanya 1-waktu masih basah ke pengerasan apa mengalami penyusutan dan 2- bisa nggak diamplas terus digosok lagi biar bening

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman, tidak mengalami penyusutan gan, untuk hasil yang lebih bening sangat disarankan gan untuk diamplas :)

      Hapus
  30. mas mau tanya dong... boleh ya berbagi ilmunya sedikit..:) oh iya kalau hasilnya sudah keras supaya lebih bening dibagaimanakan ya mas... soalnya saya coba gerinda dan gosok pakai amplas justru tambah kusam

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya coba jawab yah, hasil akhir yang sudah keras, kalo mau lebih bening, caranya mudah gan, pertama-tama pake "amplas kasar" dulu, baru deh di "amplas halus", jadi pake 2 jenis kertas amplas gan, semoga membantu gan

      Hapus
  31. kalau mau buat plakat dengan resin gimana gan? ada tutorialnya? sya sempat coba pakai foto tapi pas dimasukkan fotonya jadi buram gitu. kira kira tau masalahnya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang lebih prosesnya sama gan, tergantung cetakannya...
      untuk tutorial, inshaAllah nanti kubuatkan gan, foto jadi buram bisajadi katalisnya tidak tercampur rata gan

      Hapus
  32. oh iya mas satu lagi , supaya bagian atas hasilnya rata dan halus dibagaimanakan ya mas,,?? soalnya setiap saya mencoba membuat pasti bagian atasnya seperti bergelombang dan cekung kedalam mas,, terimakasih mas semoga berkah buat masnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. finishingnya gan, diamplas kasar lalu diamplas halus...

      Hapus
  33. Trmksih bnyk gan dh bgi2 ILMU..

    BalasHapus
  34. boleh juga nih..
    cek juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floor hardener

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. belinya di toko kimia gan,
      atau di toko-toko yang menjual plakat

      Hapus
  36. Yudi salam kenal
    makasaar tinggal dimn?
    Ini fb sy zulcahidir dm
    Hp. 081242996633
    Boleh nga sy belajar
    Sy suka sekali seni, tpi nga ada yg ajarin
    Klo sempat hubungi sy yahh, semoga bs berkenalan dn bincang2..
    Amin..

    BalasHapus